Visi yang dimilki SMA Muhammadiyah Batudaa adalah terwujudnya Peserta Didik yang : "Berkarakter, Cerdas, dan kompetitif".
MISI
Meningkatkan Pembinaan Pengamalan Nilai-nilai Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam suasana yang religius
Meningkatkan Pembinaan pengembangan kepribadian, Nilai-nilai Patriotisme yang bersumber pada 4 (empat) Pilar kebangsaan Indonesia, serta budaya positif dalam sekolah dan masyarakat.
Menyiapkan perencanaan pembelajaran yang terupdate dengan SNP, yang berorientasi pada tingkat kemampuan dan pemahaman peserta didik.
Melaksanakan Proses Pembelajaran dan Pembimbingan yang efektif, inovatif, kreatif, produktif, menantang dan menyenangkan sesuai dengan tingkat kemampuan serta potensi peserta didik.
Melaksanakan sistem autentik asesmen pembelajaran sesuai Standar Penilaian.
Melaksanakan analisis hasil asesmen, evaluasi diri dan proses tindak lanjut.
Melaksanakan Kegiatan Ekstrakurikuler Bidang IPTEK, Seni Budaya, Kepramukaan dan Olahraga sesuai dengan Minat, Potensi dan Bakat peserta didik.
Meningkatkan Kompetensi dan Kualifikasi GTK secara terprogram dan terukur.
Mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS), terutama literasi baca, litersai budaya, dan literasi digital secara terprogram, terukur, dan berkelanjutan.
Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas manajemen sekolah
Meningkatkan Pemenuhan Sarana dan Prasarana pendidikan berwawasan lingkungan yang ramah anak secara proporsional.
Meningkatkan penegakkan disiplin bagi semua warga sekolah secara rutin dan konsisten.
Menggalang partisipasi masyarakat melalui wadah Komite, orang tua peserta didik, dan dunia usaha dalam pemenuhan pembiayaan pendidikan secara proporsional
Menggalang peran serta komunitas pendidikan (orang tua, komite, masyarakat, dan lembaga terkait) untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, dan ASRI (aman, sehat, rindang, indah) serta menyenangkan.
Mengembangkan aplikasi dan layanan Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pembelajaran, dan Bimbingan konseling, serta proses administrasi sekolah lainnya.